Beberapa Khasiat Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah tumbuhan yang menghasilkan buah yang bernama sama, tumbuhan ini mempunyai buah bulat dan berwarna hijau, dengan diameter 3 sampai 6.CM.

Jeruk nipis ini digunakan sebagai pemasam yang biasanya di gunaka untuk soto dan biasa dipakai untuk memasamkan sebagai gantinya cuka.
Buah dari jeruk nipis ini selain bisa di pakai untuk pemasam rasa soto. Selain digunakan perasa ternyata buah jeruk nipis bisa di jadikan sebagai obat dikarenakan kandungan kimia yang bermanfaat yaitu : limonen, geranil, asetat, linalin dan juga sitrat.

Tak hanya buahnya saja yang bisa dijadikan sebagai obat, bahkan semua bagian dari jeruk nipis bisa di jadikan sebagai obat.

Berikut khasiat dari tanaman jeruk nipis :

1. Ambeien
Ambil Akar jeruk nipis kira-kira sebanyak 12gr, lalu masak akar jeruk nipis dengan air sebanyak 1.Liter, lama proses rebus 1-2 jam, setelah selesai dimasak, saring, ambil air rebusan, dan minum. Lakukan 3Kali sehari

2. Amandel
Ambil kulit 3 jeruk nipis kemudian dicuci, potong-potong, setelah itu rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 3/4, kemudian saring. Pakai air tersebut untuk berkumur. Rutin lakukan 3 sampai 4 kali sehari.

3. Batuk
Cuci jeruk nipis satu buah, kemudian peras, campurkan dengan satu sendok makan madu dan tambahkan garam secukupnya, aduk-aduk hingga merata lalu saring. Aturan minum lakukan 2-3 kali sehari.

4. Bau Badan
Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan jeruk dengan kapur sirih . Oleskan kebagian ketiak, usahakan anda melakukannya setelah mandi. Biarkan kurang lebih 5 menit setelah itu dibilas, Rutin setiap pagi dan juga sore.

5. Jerawat
Satu buah jeruk nipis diiris-iris hingga tipis kemudian di gosokan pada bagian kulit wajah.

6. Mencegah Rambut Rontok
Dua buah jeruk nipis dipotong menjadi hingga tiga bagian, kemudian oleskan pada bagian kulit kepala sampai rata. Bungkus bagian kepala dengan handuk lama proses satu malam , Setelah semalaman proses, kemudian cuci setelah bangun tidur. Lakukan 4 kali dalam seminggu.

7. Radang Tenggorokan
Potong 4 buah jeruk nipis lalu masak, kemudian peras. Air perasan jeruk kemudian seduh dengan 2gelas air mendidih, satu sendok makan madu dan aduk sampai rata. Kumur-kan resep ini kurang lebih 3Menit selagi masih hangat. Lakukan 3 kali satu hari.

8. Menambah Stamina
Air perasan jeruk, kemudian tambahkan satu kuning telur ayam kampung dan sedikit irisan gula Aren atau gula merah. Aduk hingga rata, Minum dan lakukan seminggu sekali.