Manfaat Dan Khasiat Alang Alang

Obat dari alang alang

Manfaat dan Khasialt alang alang
Alang-alang bisa disebut dengan kata lain yaitu ilalang, tanaman ini berjenis tanaman liar,  alang-alang atau ilalang mempunyai daun yang tajam membentuk grigi-grigi halus, Alang-alang hidup di alam liar, dikarenakan alang-alang tumbuh di alam liar maka kerap kita sering menemui jenis alang-alang ini.

Di Indonesia ilalang kerap di gunakan sebagai atap rumah. untuk atap rumah alang-alang harus di pilih, jenis alang-alang yang bisa dipergunakan untuk atap rumah adalah, alang-alang yang sudah kering dan tidak basah.

Selain alang-alang bisa di gunakan sebagai atap rumah oleh sebagian penduduk, ternyata Khasialt alang alang juga bisa digunakan untuk berbagai pengobatan yaitu, menghentikan pendarahan atau (mimisan), mengobati penyakit lambung, kencing nanah dan radang ginjal.

Cara Pakaian :
Untuk obat yang langsung diminum : 

Rebus akar ilalang atau alang-alang yang sudah mengering kira-kira sebanyak.15-30 g, anda juga bisa memanfaatkan alang-alang yang masih tetap segar namun, jumlahnya alng-alang juga harus banyak, kira-kira 30-60 g, dan untuk bunganya gunakan sebanyak 5-11 mg, sedangkan tunas muda 5-11 g. cara lain-ya akar alang-alang bisa juga ditumbuk dan bisa juga diperas airnya.
Untuk alang-alang kering anda bisa menggiling kemudian menjadi serbuk.
Untuk penyembuhan area luar : 

Bulir bunga dan juga tangkainya digiling halus dan dibubuhi pada bagian luka atau bisa juga disumbatkan ke lubang hidung untuk menghentikan (mimisan) atau pendarahan pada hidung.