Manfaat yang diberikan oleh Cabai jawa

Khasiat Khasiat cabai jwa

khasiat cabai jawa
Cabai Jawa atau yang mempunyai nama latin (Piper retrofractum), adalah sejenis yang sama dengan lada. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai obat atau juga dipakai sebagai pekarang. Buah dari cabai jawa sendiri setelah kering biasanya dipakai untuk pemedas. 

Cabai Jawa bukan termasuk Cabai yang biasa kita lihat di dapur dan warnanya merah atau hijau, karena cabai jawa ini bukanlah cabai yang yang berasal dari jawa, lalu kita menyimpulkan bahwa itu cabai jawa, tetapi tanaman itu mempunyai nama tersendiri.


Ciri-ciri dari Cabai jawa :

Tanaman ini menyerupai sirih, merambat keatas, membelit batang. Ciri-ciri daun bulat agak lonjong, pangkal daun agak berbentuk jantung dan juga membulat, ujung daun runcing dengan bintik-bintik kelenjar. buahnya majemuk bulir, bentuknya bulat panjang atau silindris, dan ujungnya mengecil. Buah yang belum tua berwarna kelabu, kemudian menjadi hijau, selanjutnya kuning, merah, serta lunak.

Bicara tentang khasiat sudah jelas Cabai jawa ini berkhasiat. Ada beberapa khasiat cabai jawa diantaranya, Masuk angin, gangguan pencernaan, Sakit gigi, dan demam, begitu banyaknya khasiat yang derdapat dari cabai jawa dikarenakan kandungan kimia-nya dari cabai jawa tersebut, diantarnya.
Kandungan kimia dalam Cabai jawa :
Buah cabe jawa mengandung zat pedas piperine, chavicine, palmetic acids, tetrahydropiperic acids, 1-undecylenyl-3, 4-methylenedioxy benzene, piperidin, minyak asiri , N-isobutyldeka-trans-2-trans-4- dienamide, dan sesamin. Piperine mempunyai daya antipiretik, analgesik, antiinflamasi, dan menekan susunan saraf pusat. 
Bagian akar mengadung piperine, piplartine, dan piperlonguminine. 


Kata kunci :
  • Manfaat Cabai jawa
  • Khasiat Cabai jawa
  • Obat dari Cabai jawa