Manfaat Buah Alpukat

Khasiat Buah Alpukat - Alpukat memang berlemak, tetapi buah alpukat sama sekali tidak buruk untuk kesehatan anda. Malahan, aplukat adalah penyedia nutrisi yang mampu memberikan banyak manfaat kesehatan. Tekstur yang berkrim-krim dan rasa yang kaya membuatnya mudah digunakan untuk banyak makanan. Di Indonesia alpukat sangat terkenal, sementara jika anda ke luar negeri, anda mungkin akan menyukai guacamole ala Mexico yang berbahan dasar alpukat.
Karena tingginya kadar lemak, alpukat seringkali digunakan sebagai pengganti daging ketika anda diet dan anda ingin memakan sandwich atau salad. Lemak yang dikandung alpukat bukanlah lemak yang buruk seperti di makanan berminyak. Lemak yang membentuk ¾ dari seluruh kalori alpukat semuanya adalah lemak sederhana yang tidak jenuh berbentuk asam oleat. Asam oleat kita ketahui bisa mengontrol kolesterol jahat dan menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung.
Manfaat Buah Alpukat
Setiap alpukat mengandung paling tidak 4 gram protein. Faktanya alpukat adalah salah satu buah dengan kadar protein tertinggi dari pada yang lainnya. Sementara itu, jika anda khawatir akan resiko diabetes, alpukat malah memiliki kadar gula yang sangat rendah. Satu buahnya hanya mengandung 0.2 gram gula. Alpukat juga sangat baik untuk perncernaan. Setiap buah alpukat mengandung 11 gram serat. Dengan mengkonsumsi dua buah alpukat sehari saja, anda sudah mencukupi kebutuhan serat harian anda.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Anda mungkin mengenal pisang yang kaya akan kalium, tetapi alpukat bahkan mengandung lebih banyak kalium daripada pisang. Anda juga akan mendapatkan vitamin K, sebagian dari vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E yang bekerja sama menghalau radikal bebas sebagai antioksidan vitamin C dan E yang populer.

Selain manfaat nutrisional yang sudah kita bahas di atas, alpukat memiliki banyak manfaat lain yang sangat membantu menjaga kesehatan dan menangkal penyakit. Alpukat, sebagaimana telah dikonfirmasikan dengan beberapa penelitian, memiliki kemampuan untuk menghalau kolesterol jahat yang menjadi salah satu pembunuh paling kuat di dunia. Sebuah penelitian yang dituangkan dalam jurnal Archives of Medical Research menemukan bahwa diet yang diperkaya oleh alpukat bisa meningkatkan profil lipida dalam orang yang sehat atau memiliki resiko hiperkolesterolemia. Artinya tingkat kolesterol menurun jika kita mengkonsumsi alpukat. Sementara itu alpukat juga bias menurunkan kadar trigliserida buruk. Alpukat melakukannya dengan mencukupi tubuh kita dengan kolesterol baik.

Alpukat pun diakui oleh dunia medis akan kehebatannya menghalau penyakit metabolisme. Sindrom metabolik adalah rangkaian penyakit yang meningkatkan resiko diabetes, stroke dan penyakit arteri koroner. Alpukat sangat baik untuk menggantikan makanan bernutrisi tinggi untuk orang yang diabetes. Kadar gula yang rendah dan kandungan nutrisi dasar yang tinggi menjadikan alpukat sebagai diet yang tepat untuk orang diabetes. Berkaitan dengan kemampuan alpukat menghalau kolesterol jahat tadi, resiko arteri koroner, stroke, dan penyakit kardiovaskuler lainnya pun menurun.

Ditambah lagi, ketika anda benar-benar diet alpukat, anda bisa dengan mudah mendapatkan berat badan sehat yang tidak jauh dari BMI. Alpukat meningkatkan kualitas diet dan asupan nutrisi di orang dewasa. Ditemukan bahwa orang yang memakan alpukat secara rutin memiliki berat yang lebih seimbang dan lingkar pinggul yang lebih kecil.

Selain itu, alpukat kaya akan zat fitokimia yang dilaporkan bisa membantu mencegah perkembangan beberapa jenis kanker. Di Amerika, dokter yang menangani pasien kanker mewajibkan alpukat sebagai salah satu komponen utama diet pasien karena alpukat kaya akan fitokimia dan memiliki nutrisi yang padat untuk menggantikan banyak sumber nutrisi.

Semoga bahasan Manfaat Buah Alpukat yang kami berikan menjadi manfaat lebih bagi para pembaca, bagi yang ingin mengetahui manfaat dan khasiat dari buah lainnya, silahkan baca Manfaat dan Khasiat Buah.