7 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Buah melon  masih bersaudara dengan labu, blewah dan buah semangka. Melon termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Daging buah melon memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air.

Buah melon biasanya digunakan sebagai buah meja. Atau bisa juga dijadikan jus, dan campuran minuman segar dingin. Namun manfaat buah melon bukan hanya sebagai makanan, akan tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini cukup banyak.

Berikut ini kandungan nutrisi dan beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan:

1. Sumber Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin bersifat sebagai anti oksidan yang menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan vitamin C harian orang dewasa sekitar 90 mg. Satu cangkir buah melon sanggup memenuhi 1/3 kebutuhan vitamin C harian atau sekitar 30 mg.

2. Sumber Vitamin A
Vitamin A memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Diantaranya adalah menjaga kesehatan mata, gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir. Dalam satu buah melon, mampu menyediakan 25% lebih banyak vitamin A dari kebutuhan harian.

3. Kaya Kalium
Kalium atau Potassium berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan 4700 mg kalium. Satu cangkir buah melon mampu menyediakan sekitar 43 mg kalium untuk diserap tubuh.

4. Kandungan Likopen
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen mampu menurunkan risiko serangan beberapa jenis kanker juga mencegah terjadinya serangan jantung. Satu cangkir buah melon mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen.

5. Mencegah Diabetes dan Stroke
Selain beberapa manfaat di atas, buah melon juga termasuk buah yang rendah kalori dan dan rendah lemak. Mengkonsumsi buah-buahan segar seperti melon bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit serius seperti diabetes dan stroke.

6. Menyehatkan Mata
Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

7. Mencegah Kanker
Karotenoid adalah pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan  kanker payudara.

Ternyata selain enak dimakan dan menyegarkan, buah melon juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah melon. Dan lihat juga buah-buahan berkhasiat lainnya dalam artikel manfaat buah sirsak dan manfaat buah apel.

*( sumber : anfaatbuahdaun.blogspot.com
gambar : blogspot