Khasiat Daun Kemangi Bagi Wanita

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi - Ocimum basilicum dalam Bahasa Latin atau biasa kita kenal dengan nama daun kemangi yang biasa dijadikan lalap, ternyata memiliki manfaat yang belum banyak orang tau. Tanaman ini dapat tumbuh di sembarang tempat tanpa mengenal cuaca panas maupun dingin, sehingga kita dapat menjumpainya dimanapun dan kapanpun. Jika kita perhatikan daun kemangi memiliki perbedaan bentuk saat ditanam di daerah dingin dan panas. Daun kemangi yang ditanam di daerah dingin daunnya lebih lebar dan hijau. Sedangkan jika ditanam di daerah panas maka daunnya kecil dan pucat. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat dan khasiatnya, maka berikut manfaat dan khasiat daun kemangi bagi wanita :


  1. Menjaga Kesehatan Reproduksi Senyawa anetol dan boron yang dimiliki daun kemangi sangat berperan dalam menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita.
  2. Membunuh Jamur Penyebab Keputihan Senyawa lainnya yang dimiliki daun kemangi adalah senyawa Eugenol, yang dapat membunuh jamur penyebab keputihan.
  3. Merangsang Ovulasi Impian setiap wanita yaitu dapat mengandung anak dalam rahimnya, dengan adanya senyawa stigmasterol pada kemangi, maka dapat merangsang ovulasi (pematangan sel telur).
  4. Mengurangi Sekresi Cairan Vagina Cairan berlebihan yang ada pada vagina tentunya membuat para wanita tidak nyaman, komponen tannin dan seng yang terkandung di daun kemangi dapat mengurangi sekresi cairan vagina.
  5. Menambah ASI Manfaat dan khasiat daun kemangi selanjutnya adalah memperbanyak air susu ibu atau ASI yang dikeluarkan. Dengan sering memakan daun kemangi dipercaya dapat menambah jumlah air susu ibu yang dikeluarkan.
  6. Menunda Menopause Menopause merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan kaum hawa, namun dengan adanya asam amino triptofan, maka dapat menunda menopause yang mengkawatirkan.
  7. Meringankan Rasa Pegal Minyak atsiri hasil sulingan dari daun kemangi bisa membuat badan lebih segar dan meringankan rasa sakit atau pegal-pegal, sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma. Namun jika anda adalah ibu hamil jangan menggunakan minyak ini karena akan menyebabkan resiko keguguran.

Menurut Daftar Komposisi Bahan Makanan Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi. Sehingga manfaat dan khasiat daun kemangi tak hanya itu, dengan adanya magnesium, kesehatan kardiovaskular Anda akan lebih terjaga. Karena, magnesium dapat membuat otot dan pembuluh darah Anda bekerja dengan lebih santai sehingga aliran darah, sehingga Anda lebih lancar dan Anda terhindar dari detak jantung yang tidak teratur. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Sumber artikel : http://www.manfaatdankhasiat.com/2014/03/manfaat-dan-khasiat-daun-kemangi-bagi.html 

Sumber gambar :
www.vemale.com
www.manfaatdankhasiat.com